Cara Membuat Sambal Goreng Ati Ampela Ayam Pedas Nikmat Spesial

Resep Sambal Goreng Ati Ampela memang telahmenjadi salah satu resep sambal istimewa pilihan untuk berbagaihidangan istimewa serta hidangan sehari-hari. Masakan tradisonal ini menggunakan bahan yang tentu saja sertadiri dari ati dan empela yang dikombinasi dengan bahan lainnya seperti petjai, kentang, cabe, tempe, tahu dan bisa juga yang lainnya.

Cara membuat sambal goreng hati ampela memang sangat mudah serta tidak membuthkan waktu yang lama, bahkan untuk menu sarapan pagi hingga menu makan malam sambal goreng ati ini sangta nikmat dan menggoda selera. Sehingga wajar jika sambal goreng yang satu ini memang favorit bagi kebanyakan masyarakat yang menyukai masakan selera pedas.

Cara membuat sambal goreng ati ampela enak tanpa santan
Resep sambal goreng ati ampela yang enak pedas

Resep Paling Top Cara Membuat Sambal Goreng Ati Ampela Ayam Pedas Bebas Santan


Resep sambal goreng ati yang akan kita buat kali ini tidak menggunakan bahan santan sehingga lebih praktis proses pembuatannya dan lebih mudah meski bagi para pemula serta ibu muda yang masih banyak belajar memasak.

Bahan Sambal Goreng Ati Ampela Tanpa Santan


  • 3 buah - ati ampela
  • Secukupnya - minyak goreng
  • 1 buah – wortel segar, potong kecil-kecil
  • Secukupnya - air putih


Bumbu Halus Sambal Goreng Ati


  • 1 siung - bawang putih yang masih segar
  • 1 buah - tomat sayur segar
  • 1 sdt, atau secukupnya – garam
  • 2 siung - bawang merah segar
  • 5 buah - cabe keriting merah segar
  • 1/4 gandu - gula merah
  • 1 sdt - penyedap rasa, jika menyukai 


Proses Dan Cara Membuat Sambal Goreng Ati Ampela Tanpa Santan Spesial Nikmat



  1. Pertama kita bersihkan bahan ati dan empela hingga bersih kemudian dipotong-potong kecil atau sesuai selera, balur dengan garam dan diamkan 15 menit hingga garam meresap dengan baik. Basuh dan tiriskan sebentar.
  2. Siapkan wajan dengan minyak goreng secukupnya, selanjutnya kita tumis bumbu halus hingga beraroma wangi. Masukkan potongan ati ampela sambil tersu diaduk agar bercampur dengan bumbunya, kemudian tambahkan air secukupnya hingga terlihat ati empela terendam didalamnya.
  3. Selanjutnya tambahkan wortel yang telah dipotong-potong kecil tadi adukcukup hingga rata dan lanjutkan memasak hingga matang. Selesai dan ankat.
  4. Sambat ati empela spesial siap dihidangkan.


Sambal ati dapat dihangatkan untuk beberapa kali dengan rasa tetap enak jika membuatnya dlam jumlah yang cukup banyak namun tidak segera habis, Cara pembuatannya yang mudah serta bahannya yang juga mudah didapat tentunya para pembaca suka dengan menu masakan khas yang satu ini terlebih bagi keluarga yang menyukai masakan pedas.

Simak juga tentang : Cara Membuat Kue Sagu Keju Spesial Untuk Lebaran Renyah dan Enak

Komentar