Cara Membuat Serabi Solo Asli Yang Khas Enak Dan Gurih

Resep Serabi Solo Enak dan Gurih – Serabi adalah salah satu makanan tradisional enak yang terdiri adonan tepung beras yang digoreng diatas arang menggunakan wajan dari tanah liat.  Penyajiannya dengan santan kelapa serta topping atau taburan yang bisa berupa coklat meises, potongan pisang atau bisa juga potongan buah nangka dan yang lainnya sesuai selera. Rasanya memang enak dan gurih ketika dimakan, teksturnya yang lembut juga disukai banyak orang.

Kue serabi solo berasal dari daerah Notosuman (Serabi Notosuman) atau NotoKusuman solo sehingga pada akhirnya lebih dikenal dengan sebutan serabo solo saja. Kue serabi solo memang hampir mirip dengan pancake jika dilihat dari bentuk dan ujudnya, namun rasanya terdiri dari manis, gurih dan juga sangat lembut.

Resep serabi solo asli paling enak
resep serabi solo notokusuman


Cara memasaknya yang unik menggunakan tungku arang tradisional serta menggunakan wajan tanah liat menghasilkan aroma serabi yang unik dan khas. Baunya harum serta rasa yang dimilikinya sangat gurih dan enak sangat mengoda selera. Kue ini sebenarnya sangat sederhana terutama cara pembuatannya yang tidak terlalu ribet. Kue serabi solo sangat cocok untuk sajian dalam acara resmi maupun acara istimewa lainnya. Sehingga serabi solo juga banyak dijajakan di kafe-kafe. Cocok juga untuk camilan pada saat santai bersama dirumah disandingkan dengan kopi panas atu teh manis.

Rahasia Resep Serabi Solo Yang Enak Dan Empuk


Kita akan membuat serabi solo yang harum dan juga enak rasanya dengan menggunakan resep asli serabi khas solo yang merakyat. Bahkan jika para pembaca ingin menjadikan serabi solo sebaga jajanan yang dapat menghasilkan pendapatan juga bisa yang penting ada niat dan usaha yang sedikit lebih keras.

Pilihan rasa serabi solo dapat dikreasikan dengan variasi topping yang digunakan, seperti meises colat, serutan keju, potongan pisang dan juga potongan buah nangkan dan lainnya. Mari kita simak bersama cara pembuatan serabi solo asli khas Notosuman dibawah ini.

Bahan Serabi Solo Asli Notosuman


  • 1 kuning telur ayam
  • 100 cc - air pandan
  • ½ sdt - soda kue
  • 600 cc - air matang
  • 750 ml - santan kental matang
  • 250 gram - gula cair
  • 500 gram - tepung beras
  • Topping - coklat meises, keju cheddar parut, irisan buah nangka atau sesuai dengan selera kita


Proses Dan Cara Membuat Serabi Solo Spesial Asli

Cara Pembuatan Adonan Serabi Solo :


  • Untuk membuat adonan pertama kali kita siapkan baskom, dan masukkan tepung beras serta tambahkan air secukpnya sedikit demi sedikit saja agar adonan sempurna. Aduk hingga adonan bercampur rata dan mengentmal.
  • Selanjutnya tambahkan soda kue dan juga gula cair kedalam adonan, aduk kembali hingga rata.
  • Diamkan adonan selama 45 menit.


Cara Memasak Serabi Solo :


  1. Sekarang saatnya memasak kue serabi solo, pertama yang dipersiapkan adalah cetakan serabi. Panaskan cetakan serabi diatas tungku atau kompor dengan api sedang, dan oleskan minyak goreng diatas permukaan cetakan dengan kuas.
  2. Masukkan adonan yang telah siap tadi sebanyak 1 sendok sayur besar kedalam cetakan. Sambil ditekan tengahnya supaya bagian pinggir yang tipis terbentuk dengan baik.
  3. Tunggu adonan kue serabi hingga setengah matang, tambahkan 1 sendok sayur kecil santan kelapa, tutup cetakannya.
  4. Topping ditambahkan sebelum serabi matang, buka tutp cetakan dan taburkan topping yang diinginkan kemudian tutup lagi hingga serabi solo matang dengan tanda bagian pinggir yang tipis berubah warnanya menjadi kecoklatan dan kering.
  5. Angakat serabinya dari cetakan letakkan pada wadah yang disiapkan.
  6. Masukkan kembali adonan berikutnya, ulangi proses tadi hingga semua adonan serabi solo habis dibuat.
  7. Sajikan serabi selagi hangat lebih nikmat


Serabi solo sangat enak untuk dinikmati pada saat pagi hari atau malam hari, ditemani dengan kopi hangat atau teh hangat pasti nikmat sekali.

Simak juga resep yang satu ini : Cara Membuat Cake Coklat Yang Lembut Dengan Resep Mudah.

Komentar