Resep Kue Bolu Panggang Lembut Mengembang

Resep Kue Bolu Panggang Lembut Mengembang – Kue Bolu dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana, meski terbilang hidangan klasik, hal itu tak membuat kue bolu lekang oleh zaman. Dengan bentuk dan tekstur yang khas, lembut, empuk, kering dan ringat serta enak, mrnjadikan kue bolu oven selalu menjadi favorit. 


Resep Kue Bolu Panggang Lembut Mengembang
Resep Kue Bolu Panggang Lembut Mengembang


Zaman dulu ibu-ibu sangat mahir membuat kue bolu yang lembut dan mengembang sempurna, tapi sekarang lebih dienakkan beli, takut membuat sendiri kuenya bantat. Sebenarnya membuat Kue bolu dengan oven konvensional  juga bisa.Oleh karena itu Resep Top akan membagikan resep cara membuat bolu panggan lembut dan mengembang sempurna. Seperti apa caranya? Yuk, kita simak bersama ulasannya:


Resep Cara Membuat Kue Bolu Panggang Lembut Mengembang

Bahan-bahan untuk membuat Bolu Panggang


  • Margarin 200 gram yang sudah dilelehkan
  • Sediakan Chery dan Keju cheddar seperlunya nanti digunakan untuk toping dan taburan
  • Tepung terigu protein sedang 200 gram (segi tiga biru)
  • Baking soda 1/2 sendok teh dan vanili 1 sachet
  • Buttercream cake seoerlunya, nanti untuk olesan
  • kuning telur 8 butir dan putih telur 4 butir.
  • Gula halus 200 gram



Cara Membuat Bolu Panggang Yang Enak Dan Lembut

Jika bahan-bahan sudah siap terkumpul dengan lengkap, saatnya kita memasak. Perhatikan tahapan demi thapan berikut ini:

  1. Langkah pertama nyalakan kompor dengan api sedang, lalu panaskan oven di atasnya, sampai oven benar-benar panas (dengan suhu kisaran 180-200 derajat chelsius)
  2. Siapkan vanili, tepung terigu dan baking soda, lalu campur dan aduk sampai rata, kemudian ayak agar halus. Sisihkan.
  3. Selanjutnya kocok putih telur dan kuning telur beserta gula halus dengan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan berwarna putih pucat, lalu masukkan margarin lelehnya kocok terus sampau lembut dan rata. Matikan mixer.
  4. Kemudian masukkan ayakan tepung yang sudah dibuat tadi, pelahan sedikit demi sedikit sambil mengaduk (dengan spatula) sampai adonan benar-benar rata sempurna.
  5. Siapkan wadah/ loyang tulban loyang yang berbentuk bundar  dan bolong tengahnya, dengan diameter 24 centimeter dan tinffi 7 centimeter. Olehkan tipis margarin serta sedikit taburan terigu (supaya adonan tidak lengket)  pada loyang, kemudian tuangkan adonan.
  6. Masukkan loyan yang berisi adonan ke dalam oven, lalu panaskan hingga matang atau sekitar 20 mnit. Bisa dicek dengan cara tusukkan lidi ke adonan, kalau kering dan tidak ada yang menempel berarti sudah matang, tapi ingat jangan terlalu sering buka tutup ovennya ya.
  7. Selanjutnya angkat kue bolu yang sudah matang, kemudian dinginkan. Jika sudah dingin, siapkan piring saji kemudian tutupkan ke loyak kemudian balikkan agar kue bolu bisa keluar.
  8. Yang terakhir olesi kue bolu dengan buttercream dan taburkan parutan keju cheddar diatasnya dan jangn lupa beri toping buah chery agar terlihar cantik.


Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kue bolu adalah pada saat mengovennya oven harus benar-benar panas secara stabil. Keju hanya sekedar untuk hiasan topping agar  terkesan istimewa. Kue bolu panggang  paling cocok dihidangkan untuk menu  saat syukuran, hajatan, arisan hingga lebaran. Selamat mencoba semoga berhasil. Jangan lewatakan resep top yang lain seperti : Resep Kue Sus Enak Lembut dan empuk

Komentar