Soto Asli khas Betawi Aduhai Lezatnya, ini dia Resepnya!

Resep Rahasia Soto Asli khas Betawi yang Lezat - pilihan soto kali ini sangat special! Rasa  soto kha Betawi tidak bisa dipandang sebelah dan di anggap remeh karena sudah terbukti dengan kelezatannya. Meski namanya Soto Betawi, bukan berarti untuk saat ini adanya cuma  di jakarta/Betawi saja, untuk zaman sekarang sudah mulai banyak penjual soto betawi yang tersebar di berbagai daerah. Untuk sasakan soto ini ada beberapa varian  yaitu  kuah putih dengan campuran susu dan kuah kuning agak kecoklatan. Saking terkenalnya masakan soto ini sampai ke luar negeri juga. Saat nulis resep ini jujur saja bikin  perut saya jadi lapar dan ngiler, bayangkan aja segi tampilannya aja sudah membangunkan selera, apa lagi kalau di makan,, aduhai bikin lidah bergoyang.

Bagi anda yang ada dirumah yang ingin menghadirkan masakan ini spesial buat keluarga tercinta dengan cara membuat sendiri jangan sampai lewatkan resep kali ini, karena Resep.Top akan membagikan  Resep Rahasia  cara membuat Soto Asli khas Betawi yang lezah dan gurih. yuk kita simak ulasannya:


Soto Asli khas Betawi Aduhai Lezatnya, ini dia Resepnya!
Soto Asli khas Betawi Aduhai Lezatnya


Resep cara membuat  Soto Asli khas Betawi yang Lezat

Bahan-bahan untuk membuat Soto Asli khas Betawi

  • Telur 3 butir  yang sudah rebus
  • Tentang  3 Buah  yang sudah direbusrebus
  • Daun jeruk cukup  3 lembar 
  • Sediakan juag daging sapi sekitar  500 gram
  • Bawang goreng sesui kebutuhan 
  • Setengah butir kelapa yang sudah tua dan jadikan Jeruk nipis secukupnya
  • Dawang 1 batang,lalu  iris menjadi kecil-kecil
  • Garam dapur dan gula pasir  secukupnya
  • Tomat cukup 2 buah dengan sedang dan lengkuas cukup 1 ruas.
  • Sereh 1 batang, cuci bersih kemudian  memarkan



Bumbu-bumbu  yang perlu dihaluskan:

  • Jahe sekitar 1 cm
  • Bawang putih segar 3 siung dan bawang merah 5 siung
  • Kunyit ukuran 1 cm, yang sudah dibakar sebentar dan muncul harum
  • Kemiri cukup 5 buah



Cara membuat membuat Soto Asli khas Betawi
Setelah bahan-bahan sudah terkumpul lengkap, saatnya kita memasak membuat soto. Perhatikan tahapan-tahapan berikut:

  1. Langkah pertama ambil daging sapi, kemudian rebus sampai empuk, kemudian kalau bisa potong berbentuk dadu dan  jangan di buang kaldunya.
  2. Selanjutnya tumis bumbu yang  sudah disiapkan tadi lalau haluskan sampai tercium aroma aroma harum, kemudian masukkan daging sapi yang sudah dipotong-potong, aduk sampai rata.
  3. Kemudian tambahkan daun jeruk, lengkuas, serai, gula dan garam, lalu masukkan  bahan-bahan  tersebut dimulai dari tumisan sampai daging sapi ke dalam kaldu hasil rebusan daging tadi..
  4. Lalu tambahkan santan kelapa dan aduk sampai rata, masaklah sampai daging menjadi empuk dan kuahnya sudah mulai tampak menyusut.
  5. Untuk cara penyajian soto sebagai berikut: sipkan mangkok dan masukkan telur rebus  yang sudah di iris-iris , irisan tomat dan kentang rebus yang sudah irisan juga.lalu tambahkan daging sapi dan kuah sotonya, kemudian taburkan gorengan bawang merah.


Mungkin bagi anda yang suka emping mlinjo dan perahan limau nipis bisa menambahkannya ke soto Betawi, karena itu bisa membuat lebeh sedap dan nikmat. Saya yakin setelah membaca resep, iBu-ibu dirumah pasti bisa mepraktekkannya, cara membuat soto Betawinya tidak sulit kok. Sekian dari kami Resep cara membuat Soto Khas Betawi, semoga masakannya enak. Biar tidak ketinggalan baca juga resep lainnya seperti : Resep Cara membuat Nasi Uduk Enak dan Gurih Komplit

Komentar