Resep Membuat Bubur Sumsum Yang Enak Ngangenin

Resep Membuat Bubur Sumsum Yang Enak Ngangenin – bubur sumsum adalah makanan dengan tekstur yang sangat lembut dan berwa putih terbuat dari tepung beras dan santan, yang diasajikan  dengan saus gula merah. Jenis bubur ini sangat enak sekali dan bisa dinikmati kapan pun. Meski bahan yang digunakan untuk membuat bubur ini tidak banyak, tetap menghasilkan rasan enak, gurih dan legit. Hal itulah yang membuat bubur sumsum selalu mendapatkan tempat di hati masyarakat, dari anak-anak sampai kakek nenek.

Resep Membuat  Bubur Sumsum Yang Enak Ngangenin
Bubur Sumsum Yang Enak, Lembut dan Legit
Walaupun  bahannya mudah didapat dan cara membuatnya juga mudah dan sederhana, tetapi  sering pula sebagian orang kesulitan dan mengalami kegagalan dan membuat bubur sumsum, sebenarnya tidak ada rahasia khusus dalam membuatnya. Pada kesempatan kali ini Resep Top akan membagikan Resep Membuat  Bubur Sumsum Yang Enak  dan Lembut, mungkin bisa membantu anda yang ingin membuat bubur sumsum agar terhindar dari kegagalan membuatnya.
Seperti apa cara membuat bubur sumsum yang enak, lembut dan legit?
Yuk, kita simak ulasannya sebagai berikut:

Resep Cara Membuat  Bubur Sumsum Yang Enak Ngangenin

Bahan-bahan bubur sumsum yang enak:

  • Daun pandan, 1 lembar  (disobek-sobek)
  • Tepung beras, 250 gram
  • Santan, 1200 ml (1 butir kelapa)
  • Garam , 1/2 sdt


Bahan saus gula merah :

  • Gula merah yang diserut, 250 gram
  • Air putih bersih, 200 ml
  • Daun pandan potong simpul, 2 lembar


Cara Membuat Bubur Sumsum yang Enak dan Lembut

Saatnya memasak, setelah bahan-bahan sudah terkumpul. Perhatikan tahapan demi tahapan berikut:

Langkah 1:
Ambil sebagian/ setengah santan (600 ml), lalu aduk dan campur dengan tepung beras dan garam hingga rata, kemudian sisihkan untuk sementara.

Langkah 2:
Nyalakan kompor dengan sedang, tuangkan santan yang masih setengah (600ml) ke dala panci lalu masak dan masukkan daun pandan, lalu aduk-aduk sampai mendidih.

Langkah 3:
Kecilkan api, lalu tungkan adonan tepung beras yang kita buat tadi. Aduklah sampai adonan matang dan mengental serta lembut. Matikan api kompor,jika dirasa sudah matang sempurna.

Langkah 4:
Saatnya kita membuat saus bubur sumsum, campurkangula merah, air dan daun pandan, kemudian masak sampai mengental. Selanjutnya angkat dan saring.

Langkah 5:
Penyajian bubur sumsum, siapkan mangkuk saji, lalu tuangkan bubur sumsum. Kemudian siramkan dengan saus(saus gula merah). Bubur sumsum siap dinikmati.

Catatan kecil:
Hal yang mempengaruhi kelembutan  tekstur adalah takaran bahan, selain itu besar kecilnya api kompor (jangan sampai  adonan tidak matang/masih berbau tepung ataupun gosong)dan proses pengadukan adonan harus benar-benar rata supaya adonan tidak menggumpal.

Nah itu tadi cara membuat bubur sumsum. Mudah kan? Memang proses membuatnya memakan waktu yang lumayan lama, tp hal itu tidak akan terasa lama  jika kita membuatnya dengan rasa cinta spesial untuk anak-anak tercinta kita. Sekian dari kami, semoga resep ini membantu dan jangan ragu untuk mencobanya. Terimakasih.
Baca juga: Resep Membuat Bolu Pisang Ambon Harum Empuk

Komentar