Resep Siomay Ayam Lezat dengan cara yang praktis

Resep Siomay Ayam Lezat dengan cara yang praktis – siomay merupakan salah satu jenis dim sum, dalam bahasa china mandarin makanan ini disebut Shoamai. Dindonesia sendiri  terdapat berbagai jenis/variasi siomay, yang membedakan variasai itu adalah jenis isi dagingnya. Meski beraneka ragam variasi seperti : siomay daging ayam, ikan tengiri, udang hingga siomay kepiting, semuanay memiliki cita rasa yang lezat,enak  dan bikin nagih.

Pada kesempatan kali ini Resep Top akan membagikan Resep Siomay Ayam Lezat dengan cara yang praktis, dengan bahan dasar ayam dan udang. Buat anda pecinta siomay, sudah sepatutnya mempelajari cara membuatnya sendiri, supaya makanan ini tidah punah ditelan zaman(hehehe.. bercanda). Pada intinya kalo kita bisa membuatnya sendiri kita tidak perlu repot-repot membeli dan siomay yang kita buat sendiri bisa terjamin tingkat higienisnya, apalagi kalau mau disajikan untuk keluarga tercinta, siomaynya akan terasa lebih spesial karena hasil buatan sendiri.

Resep Siomay Ayam Lezat dengan cara yang praktis
Siomay Ayam Lezat
Cara membuatnya cukup mudah, namun perlu sedikit perhatian khusus agar mendapatkan  cita rasa siomay yang enak dan gurih. Oke, kita langsung saja simak ulasannya sebagai berikut:


Resep Cara Membuat Siomay Ayam Lezat dengan cara yang praktis

Bahan – bahan untuk membuat Siomay Ayam, sebagai berikut:

  • 50 gr Udang segar > cincang sampai halus
  • ¼ sendok teh gula pasir
  • ½ sendok teh minyak wijen
  • 1 batang daun bawang segar > iris hingga halus
  • ½ sendok teh garam dan ¼ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan kecap ikan dan 2 sendok makan tepung sagu
  • 2  buah telur > ambil putihnya saja
  • 2 siung bawang putih > Haluskan
  • 150 gr daging Ayam > cincang hingga halus
  • 25 gr wortel > parut (nanti untuk taburan)
  • 10 lembar kulit siomay yang bulat(bungkus pangsit)

Cara Memasak Siomay Ayam Spesial lezat.

Jika bahan-bahan sudah terkumpul lengkap, saatnya kita memasak siomay. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Langkah pertama, campurkan daging ayam,udang, putih telur, bawang putih,daun bawang, merica bubuk, garam dapur, kecap ikan dan minyak wijen, kemudian aduk sampai adonan rata. Setelah itu  tambahkan tepung sagu lalu aduk lagi.

Langkah kedua, ambil selembar kulit siomay(olesi sedikit air), lalu masukkan isi adonannya  kemudian lipatlah sisi-sisinya. Taburkan wortel yang sudah diparut tadi diatasnya.
Langkah ketiga, siapkan kukusan. Jika air dalam kukusan sudah mendidih, masukkan adonan siomay kedalam kukusan tunggu selama 25 menitan, kemudian tutup.
Langkah terakhir, angkat siomay yang sudah matang. Sajikan dalam piring hidangan.

Eiitt... jangan buru-buru disantap dulu, karena masih panas. Kita siapkan juga pelengkap hidangannya, nyaitu: saos dan cuka. Meski kamu cuka(suka) siomay gak afdhol rasanya tanpa saus.apakah itu sudah cukup? Tidak.

Terus bagaimana Cara membuatnya?
Tungkan saus cabe merah(5 sendok makan) dalam mangkok kecil, tuangkan juga sedikit cuka dan air putih bersih, masukkan juga sedikit garam dan gula. Kemudian aduk. Jadi deh sausnya, dan siomay ayam siap disantap.


Cukup mudah dan praktis kan cara membuat Siomay Ayamnya, jika anda suka dengan resep ini tak ada salahnya nya membagikan resep ini kepada teman anda melalui facebook, G-plus dan sosial lainya dengan klik tombol share yang sudah tersedia dibawah. Selamat mencoba semoga enak siomaynya.

Komentar