Manisan Pepaya Basah Dan Kering Enak Lezat Dan Mudah Dibuat

Resep Manisan Pepaya Basah dan Kering Enak – Selain rasanya enak, manisan buah pepaya juga sangat baik untuk pencernaan karena mengandung serat buah yang banyak sehingga dapat memperlancar pencernaan makanan. Pada saat panas begini meken manisan memang sangat menggoda dan terasa segar dimulut.

Di negara Indonesia sangat banyak jenis buah segar yang dapat dijadikan sebagai manisan buah, diantaranya adalah buah, kedondong, buah mangga, buah pepaya dan buah laninya. Mungkin bagi anda yang belum mencoba kesegaran manisan buah pepaya penasaran dengan cara membuat manisan pepaya kering dan basah yang akan kita buat kali ini. Bahan-bahan untuk membuat manisna buah pepaya memnag sangat mudah didapatkan serta yang terpenting harganya sangat terjangkau.

Resep manisan buah pepaya kering dan basah
Resep manisan pepaya kering dan basah

Bahan – Bahan Manisan Buah Pepaya Basah Dan Kering Paling Enak


Bahan 1:
- Buah pepaya mengkal sebanyak 1 buah
Bahan 2:
- 1 kg Gula pasir
Bahan 3:
- Garam 4 sendok makan, dilrtukan dengan 1 liter air masak
Bahan 4:
- 1 sendok teh Kapur sirih 3, dilarutkan dengan 1 liter air

Cara Membuat Manisan Pepaya Basah Segar dan Nikmat


Langkah 1:
• Kupas buah pepaya kemudian belah menjadi beberapa bagian dan rendam dengan air garam, diamkan hingga layu kemudian angkat dan tiriskan.
Langkah 2:
• Selajutnya potongan pepaya dengan bentuk sesuka hati. Rendam potongan pepaya tadi dengan air kapur sirih hingga semalaman kemudian tiriskan dan cuci hinggga bersih.
Langkah 3:
• Campurkan ½ kg gula pasir dengan protongan buah pepaya tadi dan aduk hingga becampur rata. Diamkan hingga 2 jam dan berair lalu ditiriskan dan sisihkan airnya.
Langkah 4:
• Tambahkan sisa gula pasir 1/2 kg yang tersisa pada air gula tadi dan rebus hingga gula mengental, angkat dan dinginkan.
Langkah 5:
• Air gula yang telah direbus kemudian ditambahkan kedalam potongan buah pepaya sebelumnya. Simpan didalam sebuah toples atau tempat yang memiliki penutup selama semalam hingga berair dan manisan buah pepaya basah segar-pun siap untuk dihidankan.

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Paling Enak

Langkah 1:
Kupas buah pepaya kemudian dipotong-potong sesuai selera, tambahkan garam sambil remas-remas buah pepayanya hingga manjadi layu dan bilas dengan air bersih.
Langkah 2:
Selanjutnya buah pepaya direndam dengan air kapur sirih selama 2 jam. Angkat, cuci dan tiriskan.
Langkah 3:
Tambahkan gula pasir kpada potongan buah pepaya dan aduk hingga rata dan keluar airnya. Diamkan selama 1 jam hingga gula meresap kedalam buah.
Langkah 4:
Selanjutnya rebus semua gula pasir sisa dengan air hingga mendidih dan angkat, lalu masukkan buah pepayanya. Diamkan selama semalaman dan tiriskan.
Langkah 5:
Selanjutnya rebus lagi air gulanya hingga agak mengental kamudian angkat. Masukkan lagi ptpongan buah pepayanya dan rendam hingga semalaman lagi, angkat dan tiriskan.
Langkah 6:
Langkah terakhir adalah menjemur pepaya dibawah sinar matahari selama 2 hari hingga kering. Simpan manisan pepaya kering didalam toples dan siap dikonsumsi.

Itulah tadi cara membuat manisan buah pepaya basah dan juga manisan buah pepaya kering paling enak untuk dinikmati terutama pada cuaca panas seperti sekarang ini. Cara pembuatan yang mudah serta bahan baku yang murah juga membuat proses pengolahan manisan pepaya menjadi semakin menyenangkan.

Bagaimana, mudah bukan? Silahkan dishare jika bermanfaat. Trimakasih telah berkunjung dan simak juga ulasan resep nikmat lainnya dari resep.top seperti yang satu ini:

Komentar

Posting Komentar